awal terbentuknya Super Junior

SM Entertainment melahirkan idol grup pertama kali mendulang suskes seperti Shinwa, H.O.T dan S.E.S, sudah banyak melakukan audisi sejak tahun 2000 untuk membuat sebuah grup baru. Di tahun yang sama, mereka menemukan Leetuk dan Eunhyuk. SM Entertainment mengadakan audisi yang bernama SM`s Starlight Casting System 2001 hingga keluar negeri, seperti Cina. Nah di Cina, mereka menemukan Hangeng, Yesung, Sungmin dan Donghae. Di tahun 2002, Kang In, Heechul dan Kibum direkrut. Tak heran mereka bertiga dekat hingga sekarang. Sekitar tahun 2004, didapatlah Siwon dan Ryewook dan anggota terakhir yang direkrut untuk bergabung adalah Shindong, melalui Chinchin Youth Festival pada tahun 2005.

Pada akhir 2005, Lee Soo Man, Bos sekaligus pemilik SM Entertainment mengumumkan bahwa akan ada kelompok bernyanyi yang akan menjadi superstarnya Asia. Kelompok ini terdiri atas anak-anak muda yang telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, Model, dan host radio.

Awalnya kelompok ini dinamakan ‘O.V.E.R’ singkatan dari Obey the Voice for Each Rythem. Sebelum nama diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai ‘Junior’ karena menjalankan masa training di usia yang sangat muda. Barulah setelah para personil anggota ini menunjukkan bakat dan kemampuan mereka di depan para bos SM, akhirnya kelompok ini diberi nama “Super Junior”. Grup ini muncul dengan nama “Super Junior 05” pada tanggal 6 November 2005 dengan melakukan debut di acara SBS Inkigayo dan membawakan single pertama mereka Twins (Knock Out). Di debut inilah jumlah mereka menjadi 13 orang dengan bergabungnya Kyuhyun yang direkrut tiga bulan sebelumnya.

i.          Banyak yang ‘Sinis’

Pengamat musik Korea banyak yang menganggap Super Junior adalah proyek coba-coba Lee Soo Man. Hal ini menjadi masalah karena anggota SuJu yang jumlahnya lebih dari satu lusin (13 personil) dan pihak SM yang memberikan kebebasan pada tiap personilnya untuk berkarir di bidang selain bernyanyi. Beberapa juga memprediksi bahwa grup ini tidak akan bertahan lama. Tapi anggapan mereka tadi tampaknya salah besar! Now we`ll see Super Junior bisa mendunia seperti sekarang.

Tahun 2007, gelombang protes datang dari para fans SuJu ‘ELF’ karena SM ingin menambah 2 anggota baru yaitu Zhou Mi dan Henry yang berasal dari Cina. Banyak ELF yang berunjuk rasa agar SM membatalkan niatnya karena mereka ingin Suju tetap dengan 13 personil. Dari kejadian ini, para pengamat musik Korea meyakini bahwa SuJu diprediksi akan bubar dan hancur karena banyaknya fans yang menentang kemauan SM. Namun, akhirnya, Zhou Mi dan Henry digabung dengan sub grup SuJu yaitu ‘Super Junior M’ yang beranggotakan Hangeng, Donghae, Siwon, Ryewook dan Kyuhyun. Grup ini menyanyikan lagu berbahasa Mandarin dan merilis album di Cina. Album mereka pun sukses dan terkenal disana.

ii.       Lagu Sorry, Sorry melegenda

Hingga awal tahun 2011 ini, SuJu sudah menelurkan 4 album :

1.  Album Super Junior 05 (TWINS) 2005
2.  Album Don`t Don (2007)
3.  Album Sorry,Sorry (2009)
4.  Album Bonamana (2010)

Dari keseluruhan album tersebut, nama Super Junior mendunia sejak album ketiga, Sorry,Sorry.

Sorry, Sorry merupakan lagu yang easy listening, dengan gerakkan tari yang keren dan pencahayaan yang apik (hitam putih) di video klipnya, you must to know tarian ini sampe ditaksir dan diikutin sama seluruh tahanan di salah satu lapas di kamboja… sudah ketebak gimana boomingnya lagu ini! WOW! Dan gilanya lagi, koreografer SM ini turun langusng untuk mengajarkan tarian itu dan dibawakan buat olahraga pagi di lapas. Fenomena lagu Sorry, Sorry ini ikut mewabah ke Indonesia. Banyak anak muda Indonesia yang mulai kenal lagu tersebut dan search banyak tentang SuJu (termasuk akyuuuh). And you know sekarang ajah banyak grup dancer yang ikut-ikutan kaya mereka… hemmm ¬Π ¬

iii.          What`s happen SuJu????

Roda terus berputar. Seperti halnya kehidupan yang memang kadang sedang di atas (senang) dan di bawah (susah). Itu juga dirasakan banget sama SuJu. Mulai dari kepesimisan pengamat musik Korea sampe demo anak-anak ELF yang menentang SuJu ditambahkan personilnya. Ini terjadi di tahun 2009 yang bisa dibilang sebagai tahun ‘sialnya’ SuJu. Salah satu personilnya,  Kang In terlibat masalah yakni menyetir sambil mabuk dan bikin dirinya di non aktifkan dalam semua kegiatan SuJu. Begitu juga dengan Kibum yang punya kesibukan di luar SuJu dengan karier aktingnya sehingga dia gak bisa ikutan tampil dengan SuJu. Hal serupa juga dialamin Hangeng yang punya masalah sama SM karena merasa diperlakukan tidak adil. Dia merasa sudah kerja abis-abisan, dipaksa pihak SM harus tampil meskipun dalam keadaan sakit. Semua personil SuJu memang jauh dari orang tua mereka dan dibolehin pulang pada waktu-waktu yang udah ditentukan SM sampai 3 tahun sekali dan ini yang membuat Hangeng berontak. (wahh kenapa dari awal mau bergabung sihh) “(-ω-)”.

Dan masalah ini ternyata dibawa sampai ke persidangan antara Hangeng dan pihak SM. Pada akhirnya Hangeng yang memenangkan kasus ini dan di tahun 2010 dia memutuskan untuk tidak berkarier bersama SuJu hiks! L

Kejadian-kejadian yang menimpa SuJu di tahun 2009 dan 2010 menjadi pelajaran berharga. Namun bagaimanapun itu merupakan bagian dari perjalanan karier agar SuJu bisa lebih baik lagi. SuJu bangkit walaupun harus kehilangan satu personilnya, Hangeng. Leader SuJu, Lee Teuk sedikit menyayangkan kepergian Hangeng karena dirinya gak pernah sharing tentang masalah yang dimilikinya selama ini. Bahkan Lee Teuk sempet sedih dan sebagai leader dia gak tahu masalah yang dialami sama adik-adiknya.

iv.          Super Junior “pecah”

Beberapa anggota SuJu dikenal sibuk karena memiliki kegiatan di luar SuJu seperti Heechul dengan syuting dramanya, MC dan menjadi DJ di SBS Youngstreet. Kibum sibuk juga main drama dan film. Nah untuk mengisi kekosongan jadwal anggota SuJu yang lain, SM ngebentuk Subgrup SuJu yang membawakan jenis musik yang berbeda dan punya tujuan yang berbeda juga mau tau….?? CeKiDot!

A. Super Junior K.R.Y

Debut awal subgrup ini dimulai pada 5 November 2006 di acara musik televisi Music Bank dengan membawakan lagu The One I Love. Anggotanya : Yesung, Ryewook, dan Kyuhyun merupakan trio vokal yang khusus membawakan lagu-lagu ballad. Mereka ini bisa dibilang pemilik suara ‘emas’ di SuJu.

B.   Super Junior T

Subgrup ini singkatan dari Super Junior Trot. Kaya namanya yang memang SuJu T ini khusus membawakan lagu-lagu trot yang merupakan genre musik Korea tertua dan khas Korea. Anggotanya : Leetuk, Heechul, Kang In, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Penampilan pertama mereka tahun 2007 dengan lagu Rokuguh dan lagu ini dibuat dengan musik trot yang ceria dan bikin pendengarnya jadi ingin dance. (harus denger neh ●▼●). Tapi ada berita sedih nih, Heechul bisa dibilang comeback lagi di SuJu T setelah kecelakaan parah yang dialaminya pada akhir 2006. Mereka juga Cuma promosi album selama 2 bulan karena anggota lainnya, Leetuk, Shindong dan Eunhyuk juga mengalami kecelakaan. Haeehh ({˘~˘)

C.  Super Junior M

Subgrup ini lebih dikenal SJ-M adalah kelompok vokal pertama di Cina yang anggotanya ini memiliki kewarganegaraan yang berbeda, yakni Korea dan Cina. M sendiri singkatan dari bahasa yang mereka gunakan dalam menyanyikan lagu-lagu mereka yup Mandarin. Leadernya Hangeng, anggota : Donghae, Siwon, Ryewook, Kyuhyun dan dua anggota non-SuJu yang sempat didemo : Henry dan Zhou Mi. Grup ini dibentuk karena kepopulerannya di negeri tirai bambu dan memulai debut pada 8 April 2008.

D.  Super Junior Happy/H

Sub grup SuJu terakhir yang dibentuk SM pada tanggal 30 mei 2008 adalah SuJu Happy. Leadernya tetep Leetuk dan Yesung, anggota:  Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Musik yang dibawakan sesuai dengan namanya Happy. Tujuan grup ini adalah agar orang yang mendengar lagu mereka merasa happy. Single pertama mereka Cooking? Cooking! Tanggal 5 juni 2008 dan debut awal mereka tanggal 7 juni 2008 di Dream Concert 2008. Tanggal 3 agustus 2008 SJ Happy meluncurkan single kedua mereka Pajama Party.

Penulis : Peutri.. mengutip dari Tabloid Gaul (just for knowledge) 14 Maret 2011 13:13

 

4 thoughts on “awal terbentuknya Super Junior

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s